Grey Spinning Frozen Snowflake

Rabu, 11 November 2015

Ciri-ciri Sastra Lama

Ciri-ciri Sastra Lama

Sastra lama memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dengan sastra baru. Ciri-ciri tersebut antara lain:
Tidak memiliki nama pengarang (anonim)

Semua sastra lama yang terdapat di Indonesia tidak ada nama pengarangnya. Siapa yang tahu pengarang ataupun pencipta legenda maling kundang? Siapa yang tahu pengarang legenda tangkuban perahu? Siapa yang tahu pengarang cerita si kadang kuya dan si kadang monyet? Bisa dipastikan tidak ada orang yang tahu siapa pengarangnya. Itulah salah satu ciri dari sastra lama.
Milik masyarakat

Karena sastra lama tidak ada pengarangnya, maka dongeng, legenda, fabel, serta semua jenis sastra lama menjadi milik masyarakat. Makanya kita sering mendengan istilah “legenda masyarakat sunda”, ataupun “legenda masyarakat padang”. Ini menunjukkan kalau karya-karya sastra lama tersebut milik masyarakat.
Istana sentris

Mayoritas sastra lama banyak berkisah tentang cerita-cerita di sekitar lingkungan kerajaan. Ini tidak mengherankan, karena pada masa lalu, banyak kerajaan yang berjaya di Indonesia.
Adat kepercayaan dan mistis

Sastra lama muncul berdasarkan adat kepercayann masyarakat pada masa lalu. Adat kepercayaan setiap suku dan daerah berbeda, oleh karena itu banyak timbul dongeng-dongeng maupun legenda (keduanya termasuk jenis sastra lama) yang berbeda di setiap daerah.
Disebarkan Secara lisan

seperti yang telah dijelaskan mengenai pengertian sastra lama, yaitu sastra yang berbentuk cerita lewat lisan. Maka penyebarannya pun lewat lisan melalui cerita-cerita yang disampaikan masyarakat secara turun temurun.
Itulah pengertian serta ciri-ciri sastra lama secara singkat. Banyak kehawatiran akan lenyapnya sastra lama seiring dengan hilangnya budaya bercerita di masyarakat kita, terutama di kalangan anak muda. Hal ini disebabkan banyak hal, mulai dari budaya menonton televisi yang sudah akut, hingga budaya bergadget yang sudah merasuk hingga kalangan anak kecil. Kalau terus seperti ini, bukan tidak mungkin generasi mendatang tidak akan mengetahui kisah-kisah serta legenda yang kita tahu sekarang.

1 komentar:

  1. The Best Way to Play Baccarat - Welsh Welsh Online Casino
    Baccarat is a 인카지노 popular game among punters who know better than to play. หาเงินออนไลน์ If you love to play baccarat and are into the fun of baccarat then there are some great worrione ways

    BalasHapus

Silahkan tambahkan komentar anda